Sunday 5 December 2021

Bagaimana sih cara membuat kartu ucapan natal? 
VIDEO TUTORIAL 1
VIDEO TUTORIAL 2

Hari-hari sudah menjelang natal, jangan lupa untuk memberikan temanmu yang merayakan sebuah kartu ucapan! Apakah kamu sudah membuat kartu ucapan natal untuk temanmu? Jika belum dan bingung akan apa yang harus dibuat, sini aku bantuin!

Kartu ucapan sangatlah mudah untuk dibuat, termasuk kartu ucapan yang aku lampirkan fotonya di postingan ini! Pada postingan kali ini, aku akan mengajari kalian cara membuat kartu ucapan natal bagi teman-teman atau anggota keluarga kalian yang tercinta. Mudah banget, lho! Kamu cuman butuh HP atau komputer kamu aja dengan aplikasi atau program untuk mengedit. 
Mari kita masuk ke cara-cara membuat kartu ucapan!

Pertama-tama, hal yang kamu harus lakukan adalah mencari di Google, "Christmas overlay". Pada pencarian Christmas Overlay, kamu dapat memilih overlay-overlay yang unik untuk menghias kartu ucapan natalmu dan background yang dapat digunakan. Ada banyak sekali pilihan untuk Christmas Overlay, maka kamu dapat memilih foto-foto yang paling cocok dengan seleramu.

Kedua, jika kamu sudah selesai memilih foto, bukalah aplikasi editingmu. Pada waktu kali ini, aku menggunakan Adobe Photoshop. Pada Adobe Photoshop, pencetlah "Create New" dan isilah ukuran dari kartu ucapan natal yang ingin kamu gunakan. Aku menggunakan 3x4.

Ketiga, masukkanlah foto-foto Christmas Overlay yang telah kamu download sebelumnya ke dalam Adobe Photoshop. Setelah itu, pada overlay yang ingin kamu gunakan sebagai hiasan, masklah overlay tersebut menggunakan salah satu tool di Photoshop. Pada overlay yang aku pilih, aku menghilangkan putih-putih bagian overlay menggunakan fitur Magic Wand Tool. Jika sudah, aturlah posisi overlay yang kamu mask tadi sesuai dengan seleramu.

Keempat, carilah "Christmas Font" di Google dan clicklah link yang berawalan dengan "dafont". Pada website tersebut, ada banyak sekali font bertema natal yang dapat kamu download. Pilihlah font yang kamu inginkan kemudian download font tersebut.

Selanjutnya, gunakanlah Text Tool di Photoshop dan tulislah nama penerima, isi, dan nama pengirim dari kartu ucapan tersebut. Aku menulis nama penerima dengan nama temanku yang akan kuberikan kartu ucapan tersebut. Setelah kamu menulis hal-hal tersebut, aturlah letak, ukuran, dan warna text nama penerima, isi, dan nama pengirim sesuai dengan seleramu. 

Terakhir, simpanlah kartu ucapanmu menggunakan tombol Save As dan pilihlah format JPEG. Sebelum menyimpan, aku menambahkan beberapa hiasan kepada kartu ucapan tersebut menggunakan font yang berbentuk simbol-simbol berhubungan dengan natal yang aku download di website sebelumnya, tetapi bagian ini opsional dan tergantung dengan seleramu sendiri. 

Selesai! Kartu ucapanmu telah terbuat dan siap diberikan. Inilah hasil kartu ucapan tersebut.

Gimana? Seru kan? Jika kamu kurang paham dengan step-step pada blog ini, tenang aja. Aku sudah membuat video tutorial yang telah aku letakkan di awal-awal blog ini agar lebih mudah mengikuti. Itu saja yang bisa aku sampaikan. Semoga postingan ini bermanfaat dan semoga kalian semua dapat merayakan natal yang menyenangkan tahun ini! Selamat berjumpa di postingan selanjutnya,









0 comments:

Post a Comment

Blogroll

Peta Covid 19

DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Kominfo

Clock

Popular Posts

Blog Archive

Powered by Blogger.